ISI ULANG TINTA

Mungkin selama ini anda kewalahan menghadapi kondisi yang mengharuskan anda untuk mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit demi membeli cartridge baru, karena tinta printer anda mendadak habis pada saat proses pengeprinan. Bayangkan saja jika anda harus membayar 100 – 200 ribuan untuk membeli cartridge baru, berapa yang harus anda keluarkan jika harus mengganti cartridge 2-3 kali dalam sebulan? Tentunya hal ini terjadi jika frekuensi printing anda tinggi.

Lalu bagaimana dengan solusi Continuous Ink System (CISS) atau lebih dikenal dengan sebutan Tinta Infus? Ini memang solusi yang paling tepat bagi anda yang memiliki frekuensi printing tinggi, secara fungsional, tinta infus memang bisa diandalkan. Kemudian coba anda perhatikan di tempat-tempat reparasi printer, jenis printer apakah yang paling banyak mengalami masalah? Jawabannya adalah printer yang menggunakan sistem infus. Hal ini terjadi karena sebagian besar pemakai printer infus tidak memahami prinsip kerja sistem infus secara teknis. Kemudian apa? Printer dibawa ke tempat reparasi dan kemudian dicharge 50 – 100 ribu. Demikian hal ini akan terus berlanjut setiap pemakai mengalami masalah printer yang tidak mengeluarkan tinta.EPSON_Refillable_Cartridge_edited

Bagi pemakai yang frekuensi printing-nya tinggi dan bersifat komersial, mungkin kondisi di atas tidak terlalu dipersoalkan. Namun ironisnya, para pemakai printer individual (Noncommercial) seperti pelajar dan mahasiswa malah ikut-ikutan memasang sistem infus, dengan alasan agar lebih praktis dan hemat biaya. Hallllooooo…..!

Mari kita bahas lebih detail. Sistem infus memang praktis, tapi tahukah anda bahwa dengan frekuensi printing yang rendah alias jarang ngeprint akan menjadikan tinta mengendap lama di dalam cartridge. Karakteristik tinta berbeda-beda, sehingga dengan pengendapan dalam waktu yang relatif lama akan berakibat negatif pada head bahkan bisa merusak head. Jika anda menggunakan printer merk Canon, maka anda harus siap-siap merogoh kocek agak dalam karena harga cartridge baru berkisar 150 – 200 ribuan. Bagi pengguna printer Epson malah bisa lebih fatal karena head menyatu dengan printer, sehingga apabila head mengalami kerusakan maka biaya yang harus anda keluarkan adalah sama dengan membeli printer baru. Saya bandingkan dua merk printer di atas karena paling umum digunakan di Indonesia.

HP66566657CompatibleInkjetCartridge_55967

So.. kalau sudah begini kondisinya, apakah kita masih punya solusi? Jawabannya, PASTI masih ada solusi. Terutama untuk pemakai printer noncommercial (umumnya pelajar/mahasiswa). Kami menawarkan jasa isi ulang tinta printer Non-Destructive, sehingga cartridge original anda yang telah kosong tidak perlu dibuang karena masih bisa diisi ulang dan digunakan 3-5 kali pengisian (tergantung kondisi cartridge). Tentunya jasa ini kami tawarkan dengan harga yang relatif jauh lebih murah, yaitu antara 35-50 ribuan.

Isi ulang tinta printer Non-Destructive adalah teknologi isi ulang tinta printer menggunakan mesin dan vacuum chamber, bukan manual seperti menyuntikkan tinta langsung ke dalam cartridge.

KENAPA HARUS MENGGUNAKAN VACUUM CHAMBER?

Bagi anda pemakai printer canon harus tahu bahwa umumnya cartridge Canon berjenis sponge. Kondisi ini juga berlaku pada umumnya cartridge bermerk HP. Jika pengisian tinta dilakukan secara manual, maka dapat dipastikan akan terjadi hal-hal sebagai berikut:

henggeap123

1. Udara ikut masuk ke dalam cartridge dan membentuk gelembung-gelembung di antara pori-pori sponge yang bisa menghambat aliran tinta.

2. Tekanan yang tidak terkontrol sehingga bisa mengganggu nozzle dan merusak head.

3. Tinta belepotan dimana-mana.

4. Usia cartridge terancam singkat dan harus siap-siap merogoh kocek agak dalam.

Bagi anda pemilik cartridge Epson, untuk sekarang ini masih harus lebih bersabar, karena umumnya printer yang paling banyak digunakan adalah printer dengan jenis cartridge 9 pin dan tidak bisa diisi ulang. Hingga saat ini baru jenis cartridge 7 pin yang bisa diisi ulang, nanti kalo sudah ada solusi untuk cartridge 9 pin saya kabari lagi deh. :D

Tapi anda gak perlu kuatir, karena masih ada solusi yang akan saya tawarkan dan pastinya menguntungkan anda. Cartridge epson yang ori dan tidak bisa diisi ulang itu bisa anda ganti dengan refillable cartridge dan pastinya lifetime use karena chipnya bisa nge-reset otomatis, tentunya selama kondisi chip tidak rusak. Menarik bukan? :)

Apakah anda benar-benar mencintai cartridge anda? Maka rawatlah cartridge anda selagi bisa, karena jika kondisi cartridge anda terjaga berarti anda telah menghemat ratusan ribu rupiah. The choice is all yours.

3 Responses to “ISI ULANG TINTA”

  1. isti Says:

    saya tertarik mas buat isi ulang cartridge saya.. didaerh mana y??

  2. isti Says:

    saya tertarik buat isi ulang cartridge printer canon sya.. alamat.y dmna y??

  3. Kristina Says:

    Saya mw tanya bagaimana mengatasi tinta yg di isi ulang tdk masuk kdalm catridge canon mp 237

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: